Tips Agar Percaya Diri Saat Berhijab Bagi Pemula Dari Omaya Zein

Setelah Amerika berganti presiden ada banyak kekhawatiran bagi umat muslim disana. Terutama bagi wanita muslimah, berhijab menjadi wajib namun khawatir mendapatkan perlakuan semakin kurang baik. Vlogger asal Amerika bernama Omaya Zein berusaha meyakinkan para wanita pemula yang masih kurang percaya diri dan khawatir dengan kondisi tersebut. Mungkin di negara kita hal itu tidak berdampak, namun video tips dari Omaya tetap bisa menjadi penyemangat bagi kamu yang masih sering buka tutup saat berhijab. 
Source: Instagram Omaya Zein

Ada enam tips yang bisa menjadi penyemangat bagi pemula, Ia menulis tips ini karena terinspirasi dari email-email yang dikirm padanya.

"Banyak email masuk bertanya Omaya bagaimana kamu sangat nyaman dengan jilbabmu? Bagaimana kamu selalu bisa merasa senang walaupun hari sedang panas? Di sini aku mau memberikan kamu tips bagaimana caranya agar tetap percaya diri dan nyaman saat menggunakan hijab," ujar Omaya dalam videonya.

Video tersebut Mendapat tanggapan yang positif dan mendapat komentar yang baik dari hijaber seluruh dunia seperti dari Australia, India, Palestina, hingga Nigeria. Salah satu komentarnya datang dari pengguna akun YouTube, Laila La.

"Love your work. May Allah SWT reward you for your efforts xo love from Australia," tulisnya demikian.

Wanita lain yang mengomentari video tersebut adalah Yasemeen Abdul-Majeed yang nengatakan sangat terinspirasi dari video tersebut dan bahkan dari akun YouTube Pearls 99 mengaku menangis saat melihat video tersebut. 

"Favourite video of yours BY FAR!!! Every bit of advice was so on point you made me cry! lots of love from England," komentarnya.

Ungkapan lain juga datang dari hijabers Nigeria, Firdausy Ibrahim, yang mengatakan suka dengan video tips Omaya. 

Mau tau tips agar percaya diri sat berhijab bagi pemula dari Omaya Zein? 

1. Luruskan Niat


Niat menjadi pondasi awal saat memutuskan berhijab, Omaya mencoba megaskannya. Mengapa kamu menggunakan jilbab? Apakah Karena Allah, orang tua atau justru seorang pria?

"Karena ketika kamu niat pakai hijab karena seorang pria lalu kamu putus dengan pria itu maka akan mempengaruhi niat (berhijab) kamu," jelas Omaya.

2. Buat Diri Tetap Kuat


 Hijab dibeberapa negara masih dipandang sebelah mata khususnya dinegara minoritas muslim. Butuh keyakinan yang kuat untuk mengenakan hijab karena dalam kondisi apapun jika sudah berhijab maka tidak boleh dilepas lagi. Omaya sempat merasa sedih ketika mendengar cerita beberapa orang yang mendapatkan perlakuan diskriminasi, mereka menganggap berhijab sama dengan teroris atau paling tidak selalu dilihat buruk. Perkuat pondasi dengan beribadah dan bergaul dengan sesama wanita muslimah akan sangat membantu. Hal yang terpenting adalah berhijab karena Allah SWT.

"Berhijab karena Allah dan yakin Allah akan memudahkan jalanmu," sarannya.

3. Eksplor Gaya Hijab


Omaya berpendapat bahwa beberapa wanita tidak percaya diri dengan cara berhijab mereka. Jaman sekarang sangat mudah dicari gaya berhijab yang sesuai dengan kita. Terutama di Indonesia sangat banyak model dan tutorial hijab yang bisa didapat.

"Oke kamu nggak cocok dengan gaya ini tapi ingat masih banyak sekali gaya hijab berbeda-beda. Contohnya waktu saya sekolah di Islamic High School, saragam saya abaya dan 2 pieces jilbab, saya di situ merasa jelek. Terus saya coba gaya hijab lain, material berbeda, lama-lama akan ketemu yang sesuai dengan karakter kita," ujar Omaya.

4. Bertemu dengan Wanita Berhijab Lainnya


Bertemu dengan komunitas hijabers, tidak harus bertatap muka tapi bisa lewat media sosial, video dan internet. Cari inspirasi dari hijab blogger favorit kamu atau palign tidak saling tukar pikiran dengan teman-teman yang sudah dahulu berhijab. Kini banyak sekali blogger berhijab dari berbagai negara mulai dari Pakistan hingga Amerika. Tumbuhkan rasa percaya diri dengan banyak mencari inspirasi dari blogger-blogger berhijab.

5. Berbagi Cerita Tentang Hijab


Cobalah berbagi cerita seputar hijab dengan keluarga dan kerabat dekat terlebih dahulu. Ini bisa menambah keyakinan kamu untuk memutuskan tetap berhijab. Ceritakan saja semua yang kamu ketahui mengenai berhijab dan apa alasan kamu memutuskan untuk berhijab. INi bisa menimbulkan keyakinan dan percaya diri dengan jilbaba yang kamu pakai.

6. Sabar


Omaya mengingatkan, kuci terakhir adalah sabar. Tidak mudah untuk mempertahankan berhijab, semua butuh proses dan nikmati setiap rosesnya. Jika ada godaan untuk tidak berhijab, berusahalah mencari tahu melalui artikel atau video tentang apa manfaat berhijab tersebut.
 

Terpopuler